Kamis, 03 Maret 2016

DIY Steering Wheel PC using arduino uno clone

Bermain game yang bergenre simulasi memberikan pengalaman yang sangat mengasyikkan. Apalagi didukung peralatan simulator yang berkualitas tinggi. sungguh memberikan kenikmatan yang tiada tara, ditambah simulator tersebut buatan anda sendiri. pasti anda akan tersenyum bahagia dan bangga walapun belum sesempurna jika kita beli peralatan jadi.

Saya akan mencoba menuangkan segala pikiran saya tentang " membuat steering wheell simulator sendiri " dengan menggunakan microcontroller. sebenarnya sudah banyak yang memberikan contoh membuat steering wheel simulator PC dengan menggunakan Mouse, GamePad USB, dan lain sebagainya. namun jika menggunakan perangkat tersebut tingkat kepresisiannya kurang. jadi disini saya menggunakan microcontroller Arduino Uno.

Untuk membuat Steering Wheel PC tersebut, saya menggunakan Arduino Uno Rev 3 yang versi Clone, kenapa saya milih versi Clone? ya, karena harganya yang lebih murah, hanya sekitar 100k IDR .



Gambar yang atas adalah arduino uno r3 original, dan yang bawah adalah arduino uno r3 versi clone

Memang tidak nampak perbedaan yah.. kata yang jualan sih bedanya hanya tempat produksinya, cuma saya juga kurang tau nih. kemudian ada lagi arduino yang lebih murah, yaitu arduino clone versi SMD. bedanya versi SMD dan Versi DIP adalah bentuk chipsetnya, entah kenapa harnya jauh lebih murah yaitu kisaran 80ribuan. berikut ini adalah gambar arduino SMD yang lebih murah :



Bahasan tentang Arduino saya kira sudah cukup yaa... :D

Kemudian Post selanjutnya saya bahas peralatan yang dibutuhkan untuk membuat steering wheel pc.

Stay Tune

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ajukan Pertanyaan dan atau Komentar yang membangun. Terimakasih