Kamis, 03 Maret 2016

Alat, Bahan, Peralatan yang digunakan untuk membuat Steering Wheel PC

Untuk membuat Steering Wheel PC maka diperlukan peralatan berikut ini agar dapat dirangkai secara sempurna. apa saja sih yang dibutuhkan ?

1. Besi Hollow
Besi Hollow saya gunakan untuk membuat Frame Steering Wheel, Kenapa saya menggunakan besi hollow? karena besi ini lumayan ringan dan kuat, sehingga mudah untuk di las. dan alasan lain karena banyak potongan besi hollow di bengkel las saya. hehehe


 Gambar Besi Hollow
Untuk yang punya budget unlimited bisa juga menggunakan aluminium profil, jelas lebih ringan dan tanpa karat, jadi tidak perlu di cat lagi.

2. Las Listrik
Las listrik saya gunakan untuk menyambung setiap frame yang telah dipotong, kemudian di las agar dapat menyatu menjadi frame Steering Wheel PC.

Gambar Las Listrik

3. Bor Tangan
Bor ini saya gunakan untuk melubangi beberapa part, kemudian saya gunakan juga sebagai obeng. 
Gambar Bor tangan Portable

 4. Kabel
kabel digunakan untuk menghubungkan potensiometer ke microcontroller
Gambar Kabel

 5. Potensiometer
Ini saya gunakan sebagai inputan ke arduino uno pada steering wheel, bisa juga menggunakan motor Stepper atau motor Servo, tapi harga lebih mahal :D
 Gambar Potensiometer

6. Solder dan Tenol
saya gunakan untuk mematri kabel dan lain sebagainya

Gambar Solder dan Tenol



Uraian peralatan diatas adalah yang saya gunakan untuk membuat dan merangkai steering wheel pc.
pastinya anda semua sudah tau fungsi dari peralatan diatas ya? hehehe


Post Selanjutnya akan saya bahas design dari frame Steering dan Pedal

Stay Tune


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ajukan Pertanyaan dan atau Komentar yang membangun. Terimakasih